Sabtu, 09 November 2013

Perokok aktif perokok pasif



Rokok adalah  berupa tembakau yang dicampur dengan cengkeh kemudian dilinting didalam kertas sehingga membentuk silinder dan biasanya dibakar salahsatu ujungnya dan dihisap asapnya. Mereka yang perokok mengaku ada kenikmatan tersendiri jika menghisap rokok tersebut dan dapat membuat enjoy atau santai, bahkan ada yang berkomentar bahwa merokok dapat menghilangkan stress. Padahal di kandungan dalam rokok yang disebut tembakau itu, menghasilkan asap yang mengandung bahan  berbahaya seperti karbon monoksida, amonia dan nikotin, hal itu dapat menyebabkan terserangnya penyakit yang mematikan. Seperti penyakit paru-paru, jantung, kanker payudara, leokimia. Dll




Ada sebuah cerita, suatu ketika ada seorang anak perempuan bernama alisa, dia berumur 23 tahun, kegiatan alisa sehari-hari yaitu bekerja disebuah mall bagian dalam atau server. Dia sudah bekerja selama 3 tahun sejak dia berumur 21 tahun.
Dilingkungan kerjanya banyak sekali teman laki-lakinya yang diantaranya perokok aktif, katanya untuk menghilangkan rasa ngantuk dan jenuh ketika hingga larut malam didepan computer. Dan alisa tidak bisa menghindari itu karena meraka bekerja satu ruangan dengan teman laki-lakinya. Disatu sisi ayah alisa juga sudah lama sekali merokok sejak alisa kecil. Namun, dulu ayahnya sempat berhenti merokok ketika alisa dalam kandungan ibunya, kata ayah alisa agar menjaga kesehatan istri dan anaknya dan agar tidak boros, tetapi ketika alisa sudah lahir dan duduk dibangku SMP ayah alisa mulai merokok lagi karena kerjanya sering lembur hingga larut malam.

Meskipun alisa tahu bahwa asap rokok itu membahayakan tetapi karena terbiasa berbaur dengan lingkungan perokok aktif, alisa lupa akan kesehatannya hingga alisa sering mengalami batuk-batuk, dan pilek. Alisa tidak membawa kedokter, katanya itu penyakit biasa yang sering terjadi karena kondisi tubuh sedang capek sehingga terserang flu” nanti juga akan sembuh sendiri” kata alisa.
Namun, kata teman-temannya alisa sering sekali terserang batuk dan pilek dan akhir-akhir ini alisa mengalami sesak nafas sampai akhirnya ia tidak berangkat kerja selama 3 hari. Kemudian, ibu alisa menyarankan untuk dibawa ke dokter.
Setelah seharian menjalani pemeriksaan dan hasil tes menyatakan bahwa alisa terkena penyakit paru-paru, kata dokter hal itu dikarenakan sering menghisapnya asap rokok. Alisa sempat ditanyai oleh dokter, apakah alisa merokok? alisa menjawab “tidak” dan menceritakan kegiatan sehari-hari alisa. Ternyata penyakit yang diderita alisa karena menjadi perokok pasif.

Dan sekarang alisa masih dalam proses penyembuhan di rumahsakit karena dikatakan bahwa penyakit alisa sudah parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar